087777666637
087777666637

Cara Menggunakan LCD Proyektor Untuk Presentasi

Sunday, February 21st 2016. | Artikel

Proyektor adalah alat yang anda gunakan untuk menampilkan slide presentasi kepada audiens. supaya alat ini bisa berfungsi dengan baik untuk keperluan presentasi ada satu aspek penting yang harus Anda perhatikan, yaitu kualitas gambar yang dihasilkan. Karena dalam beberapa kasus sering kali apa yang tampak pada layar monitor tidak sama dengan apa yang tampil dilayar.

Cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui kualitas proyektor yang Anda gunakan adalah dengan mengeceknya sebelum presentasi Anda lakukan. Misalnya terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seperti gambar memudar, warna berubah, atau yang lain maka Anda masih punya waktu untuk menggantinya atau kalau tidak memungkinkan untuk mengganti Anda masih punya waktu untuk melakukan sedikit perubahan.

Jika Anda melakukan presentasi karena diundang oleh lembaga, organiasi atau komunitas sebaiknya tanyakan pada panitia terkait dengan proyektor yang akan Anda gunakan.  Hal ini akan membuat Anda bisa menyiapkan slide dengan kompleksitas warna sesuai dengan kondisi proyektor yang ada.

Namun bagi Anda yang sudah tahu akan memakai proyektor yang sudah tua, yang besar kemungkinan hanya bisa menanyangkan kompleksitas warna 16 bit, maka silakan lakukan pengaturan kompleksitas warna di notebook atau komputer Anda pada kompleksitas warna 16 bit. Bahkan kalau memang diperlukan Anda bisa juga merubah resolusinya.

Bagi Anda pengguna window 7 berikut adalah langkah-langkah untuk merubah kompleksitas warna. Pertama silakan Anda klik kanan pada dekstop, kemudian pilih Screen Resolution maka akan muncul tampilan seperti gambar berikut.

Gambar 12.9 Halaman pengaturan screen resolution

 

Selanjutnya Anda klik Advanced Setting maka akan muncul jendala default Graphics Card seperti yang nampak pada gambar berikut.

Gambar 12.10 Jendala default Graphics Card

 

Selanjutnya silakan Anda arahkan pointer Anda ke bagian bawah dan klik di List All Modes. Maka akan muncul jendela Liss All Modes, kemudian pada list silakan Anda pilih 1366 by 768, Hight Color (16 bit), 60 Hertz. Ini adalah resolusi standar atau recommended bawaan dari windows.

Gambar 12.11 Mengatur kompleksitas warna dan resolusi pada jendela Liss All Modes

 

Jika Anda ingin merubah resolusinya Anda tinggal pilih pada list mana resolusi dan kompleksitas warna yang paling tepat untuk proyektor Anda. Namun jika Anda tidak ingin merubah resolusi Anda bisa langsung pilih Monitor pada jendala default Graphics Card. Pada tab Colors silakan pilih High Color (16 bit).

Gambar 12.12 Merubah kompleksitas warna pada tab monitor

 

Demikianlah cara bagaimana merubah kompleksitas warna pada windowns 7. Bagi Anda pengguna Windows XP cara merubah kompleksitas warna juga sangar sederhana. Pertama Anda klik kanan pada dekstop kemudian pilih Properties maka akan muncul jendela Display Properties. Kemudian klik pada tab Setting lalu pilih Color Quality, kemudian silakan pilihmodus 16 bit (medium).

Catatan: lakukan pengaturan ini sebelum Anda membuat slide presentasi.

Demikianlah cara menggunakan LCD proyektor untuk presentasi. Dengan mengoptimalkan hal ini, maka alat benar-benar akan membantu presentasi Anda berjalan dengan baik.

tags: ,

Artikel lain Cara Menggunakan LCD Proyektor Untuk Presentasi